Kamis, 18 Februari 2016

Resep Masakan Asam Asam Tulangan Lezat

Posted By: Awesome - 14.52

Share

& Comment

Resep Masakan Asam Asam Tulangan Lezat - Hallo sahabat Resep Masakan Terbaik, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Resep Masakan Asam Asam Tulangan Lezat, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel resep masakan khas, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Resep Masakan Asam Asam Tulangan Lezat
link : Resep Masakan Asam Asam Tulangan Lezat

Baca juga


Resep Masakan Asam Asam Tulangan Lezat

Masakan Asam Asam Tulangan Lezat

Resep Masakan Asam Asam Tulangan Lezat - Masakan ini berasal dari daerah Banjarmasin sana. Tradisional benar, karena asli dari daerah sana. Berbahan utama dari tulang iga atau tulang sapi. Kalo yang namanya daging sapi tentu saudah sangat familier sekali di masyarakat. Dalam berbagai acara dan kegiatan pesta sering dihidangkan sebagai lauk. Di rumah pun para bunda sering memasak aneka menu dengan bahan utama daging sapi. Cuma kalau yang ini bahannya adalah tulang iganya sapi. Ditambah lagi dengan bumbu resep yang maknyuss, sehingga kuahnya saja menjadi mantap untuk disantap. Rasanya memang lezat sehingga kalo sudah pernah menikmatinya, tentu akan pingin lagi deh. Apalagi bagi sebagian dari kita yang memilki kesukaan makan masakan serba tulang. Untuk lebih jelasnya, gimana kita langsung saja mengecek resepnya berikut ini :

Bahan yang perlu disediakan :

  • 750 gr tulang iga atau tulang sapi berdaging, potong2 sepanjang 5 cm
  • 2 liter air
  • 2 buah tomat, belah menjadi empat
  • 2 cm/10 gr lengkuas, memarkan atau iris tipis
  • 5 buah belimbing wuluh, iris kasar (ganti dengan 1 sdm asam dilarutkan dalam air secukupnya jika tak ada)
  • 2 sdt gula pasir atau sesuai selera
  • 1,5 sdt garam atau sesuai selera
  • 3 lembar daun salam



Bumbu diiris:

  • 5 siung/15 gr bawang putih, iris tipis
  • 5 buah cabe merah, iris menyerong halus
  • 10-15 buah cabe rawit, iris kasar (saya biarkan utuh)
  • 10 butir/100 gr bawang merah, iris tipis
  • 3 buah cabe hijau, iris menyerong halus



Cara Membuat masakan asam asam tulangan :

  1. Langkah yang pertama, kita panaskan 2 liter air sampai mendidih,  lantas masukkan tulang iga atau tulang sapi.
  2. Kemudian, masaklah daging sampai empuk dengan api sedang untuk mendapatkan kaldu yang jernih. Jika perlu buang lemak yang muncul di permukaan air. Apabila tersedia, tulang bisa anda rebus dengan panci tekan selama kurang lebih 1/2 jam sejak panci mendesis.
  3. Terus ukur sisa kaldu sebanyak 1 1/2 liter, jika perlu tambahkan air dan saring dari lemak.
  4. Lalu masukkan potongan tulang daging ke dalam kaldu kembali, lantas sisihkan.
  5. Tumis irisan bawang merah, bawang putih, cabe, lengkuas dan daun salam sampai bumbu benar2 matang dan berbau harum.
  6. Selanjutnya, tuang tumisan bumbu dan masukkan cabai rawit yang dibiarkan utuh ke dalam panci rebusan tulang. Didihkan kembali lagi. Terus masukkan belimbing wuluh atau 1 sdm asam jawa yang sudah dilarutkan dalam air. (Masukkan asam semuanya, jangan hanya airnya saja agar rasa asam lebih menggigit).
  7. Kini tambahkan garam dulu, sampai terasa rasa asin dan asam yang kentara, baru tambahkan gula (optional) sesuai selera hingga terasa asin, asam, manis dan pedas.
  8. Yang terakhir, masaklah sampai bumbu benar-benar meresap. Sesaat sebelum diangkat tambahkan irisan tomat. Masak hingga menjadi layu. Angkat dari api dan sajikan panas.


Nah, itulah tata cara kita memasak asam asam tulangan yang khas. Untuk menghasilkan masakan betul-betul lezat memang kita harus banyak mencoba alias praktek. Tak perlu takut salah karena ketrampilan membutuhkan latihan yang terus menerus. Ada bebeera hal yang perlu kita perhatikan:
 - Masukkan daging dalam air mendidih dan dimasak dengan suhu sedang supaya sari daging terkunci dan terasa lebih gurih.
- Ada versi lain bahwa Asam-Asam Tulangan di mana bumbu iris tidak ditumis tetapi langsung ditambahkan ke kuah yang mendidih. Namun, ini tidak diharuskan.

Oke, selamat mencoba resepnya di rumah. 


Demikianlah Artikel Resep Masakan Asam Asam Tulangan Lezat

Sekianlah artikel Resep Masakan Asam Asam Tulangan Lezat kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Resep Masakan Asam Asam Tulangan Lezat dengan alamat link https://resep-masakan15.blogspot.com/2016/02/resep-masakan-asam-asam-tulangan-lezat.html

About Awesome

Techism is an online Publication that complies Bizarre, Odd, Strange, Out of box facts about the stuff going around in the world which you may find hard to believe and understand. The Main Purpose of this site is to bring reality with a taste of entertainment

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2016 Resep Masakan Terbaik™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. |