Sabtu, 18 Juni 2016

Resep Kue Lapis Legit

Posted By: Awesome - 02.30

Share

& Comment

Resep Kue Lapis Legit - Hallo sahabat Resep Masakan Terbaik, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Resep Kue Lapis Legit, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel resep aneka cake, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Resep Kue Lapis Legit
link : Resep Kue Lapis Legit

Baca juga


Resep Kue Lapis Legit

Kue Lapis Legit enak

Resep Kue Lapis Legit - Kue yang satu ini sudah begitu dikenal di masyarakat luas. Mudah sekali untuk mendapatkannya. Baik di toko-toko maupun supermarket, juga banyak warung yang berada di pelosok-pelosok daerah. Di berbagai tempat ini bisa dengan mudah membelinya. Menurut riwayatnya, kue lapis legit ini merupakan resep hasil perkawinan budaya antara Indonesia dengan Belanda yang telah diwariskan dari generasi ke generasi hingga masa sekarang ini. Dinamakan lapis legit sebab bentuk serta karakter dari citarasa adonan kuenya yang berlapis dan legit rasanya saat dimakan. Ada pula yang berpendapat bahwa disebut kue lapis legit karena proses pembuatannya dibuat selapis demi selapis. Proses pembuatannya pun membutuhkan ketelatenan dan kesabaran yang ekstra. Cocok untuk dijadikan bingkisan spesial untuk acara-acara yang istimewa seperti pada pernikahan, juga sebagai bingkisan di hari raya Lebaran dan lainnya. Untuk hantaran teman minum kopi dan menjamu tamu di rumah pun cocok sekali juga lho. Meskipun proses pembuatannya sedikit agak rumit, tapi tak berarti kita bisa membuatnya sendiri di rumah. Meskipun sudah begitu lama menikmatinya, namun cara membuatnya seperti apa belum tahu. Tentu dengan membuatnya sendiri di rumah maka akan lebih hemat biaya serta bisa mendapatkan kue lapis legit sesuai yang diinginkan. Dengan membuat kue sendiri maka akan mendapatkan kenikmatan tersendiri, baik tatkala membuatnya maupun saat menikmatinya. Terlebih lagi bila kue buatan kita ternyata disukai banyak orang, tentunya hal ini akan membuat rasa puas dalam hati. Perasaan kepuasan ini akan menjadikan kebahagiaan tersendiri.  Yang pasti jika kita berhasil membuat kue lapis legit ini sekali aja, maka pasti ingin membuat kue ini lagi dan lagi. Inilah saatnya kita akan memulai untuk mencobanya. Bisa jadi kue lapis legit kita lebih enak daripada yang kita beli. Oke, langsung aja mari kita baca Resep Kue Lapis Legit di bawah ini:

Bahan - bahan yang dibutuhkan :
  • margarin: 450 gr , dilelehkan
  • garam: 1 ½ sdt 
  • tepung maizena: 120 gr 
  • bubuk coklat: 60 gr , diayak halus hanya untuk bahan taburan 
  • gula merah: 150 gr  ( dari pohon aren )
  • kuning telur: 30 butir
  • susu cair: 180 ml
  • gula pasir: 600 gr 
  • pelembut dan pengembang kue: 3 sdm 
  • tepung terigu protein sedang: 600 gr 
  • bumbu spekoek: 2 sdm



Cara membuat kue lapis legit enak :
  1. Pertama, kocoklah campuran telur,  gula merah, emulsifer, dan gula pasir di dalam satu wadah sehingga dapat mengembang dengan sempurna.
  2. Tambahkanlah tepung bumbu spekeok, maizena ,dan tepung terigu sembari diayak halus dan juga diaduk secara merata.
  3. Masukanlah sedikit demi sedikit margarin yang telah dilelehkan, susu cair serta garam sambil diaduk secara perlahan.
  4. Siapkan loyang kotak dengan ukuran 24 cm x 10 cm x 7 cm, yang sudah diolesi dengan margarin pada permukaannya. Taruh alas kertas roti, ambilah 60 gram adonan kue, masukan ke dalam loyang. 
  5. Kukuslah selama 5 menit dengan api sedang. Taburi dengan coklat bubuk dengan cara diayak tipis di atas lapisan pertama.
  6. Ambil lagi kira-kira 60 gram adonan kue, dituangkan diatas adonan yang sudah dilapisi coklat bubuk sebelumnya, Kemudian selama sekitar 5 menit, kukus dengan api sedang.
  7. Lapisi lagi dengan coklat bubuk, dengan diayak tipis di atas lapisan kedua. 
  8. Kerjakan secara berulang-ulang selang seling untuk lapisan selanjutnya sehingga adonan kue habis tak tersisa.
  9. Terakhir, kukuslah dengan api sedang adonan dalam loyang dalam waktu 10 menit. Angkatlah dan kini sudah siap disajikan.


Inilah tadi cara yang sederhana dalam membuat kue lapis legit yang nikmat. Agak panjang memang panduan atau tata cara membuatnya, tapi untuk menghasilkan kue lapis legit yang enak, tidak ada salahnya kita ikuti tips yang ada di resep masakan di atas. Ok, yuk langsung di coba di rumah :)

keterangan: 
Bumbu spekoek adalah campuran dari kayu manis bubuk, cengkih bubuk, pala bubuk dan bubuk kapulaga.
porsi : untuk 6 loyang


Demikianlah Artikel Resep Kue Lapis Legit

Sekianlah artikel Resep Kue Lapis Legit kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Resep Kue Lapis Legit dengan alamat link https://resep-masakan15.blogspot.com/2016/06/resep-kue-lapis-legit.html

About Awesome

Techism is an online Publication that complies Bizarre, Odd, Strange, Out of box facts about the stuff going around in the world which you may find hard to believe and understand. The Main Purpose of this site is to bring reality with a taste of entertainment

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2016 Resep Masakan Terbaik™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. |