Jumat, 24 April 2015

Resep Es Selendang Mayang Khas Betawi Asli

Posted By: Awesome - 15.46

Share

& Comment

Resep Es Selendang Mayang Khas Betawi Asli - Hallo sahabat Resep Masakan Terbaik, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Resep Es Selendang Mayang Khas Betawi Asli, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel resep aneka minuman yang dingin, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Resep Es Selendang Mayang Khas Betawi Asli
link : Resep Es Selendang Mayang Khas Betawi Asli

Baca juga


Resep Es Selendang Mayang Khas Betawi Asli


Es Selendang Mayang Khas Betawi Asli

Resep Es Selendang Mayang Khas Betawi Asli - Dari namanya mungkin masih bingung. Minuman apa ya ini? Yang jelas klo udara panas di siang hari cocok sekali deh bila memilih es untuk meminumnya. Segar dan manisnya bikin tak lupa meski baru sekali meminumnya. Kombinasi manisnya gula merah ditambah dengan se batu yang begitu dingin merupakan hal yang istimewa. Disamping itu, ada corak warna ping yang elok menambah nikmatnya es ini. Pembuatan es ini menggunakan tepung beras dikombinasi dengan tepung sagu sebagai selendang. Terus dicampur dengan sirup gula jawa serta saus santan. Ngomong ngomong mengenai nama selendang ini asalnya dari kata selendang yang berarti selendang atau syal. Yang jelas rasanya es ini segar dan cocok betul untuk hidangan minuman sekeluarga tercinta. Di perkotaan memang kini udaranya begitu panas betul. Apalagi di kota-kota besar yang sudah jarang ditanam pepohonan berukuran besar. Maka pas klo es selendang mayang ini jadi referensi untuk dinikmati. 

Bahan es Selendang Mayang :
  • 25 gram tepung beras
  • 100 gram tepung sagu aren
  • 750 ml air
  • 2 lembar daun pandan, disimpulkan
  • 125 gram gula pasir
  • 1/2 sendok teh pewarna makanan, warna merah muda
  • 1/2 sendok teh garam


Bahan kuah santan, didihkan sambil diaduk-aduk :
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 750 ml santan dari 1 butir kelapa parut
  • 3 lembar daun pandan, sobek-sobek
  • 1/2 sendok teh garam


Bahan Air gula, didihkan sampai kental :
  • 300 ml air
  • 300 gram gula merah, disisir halus
  • 1/4 sendok teh garam


Pelengkap Es Selendang Mayang :
Es batu

Cara membuat es selendang Mayang Nikmat :
  1. Khusus Untuk Selendang Mayang : Yang pertama campurkanlah 250 ml air dengan tepung sagu aren dan tepung beras. Terus sisihkanlah.
  2. Lalu didihkanlah sisa air, masukan daun pandan, gula pasir, dan garam, sampai larut betul. Angkatlah dan disaring.
  3. Kini didihkanlah lagi campuran air dan daun pandan di atas api kecil saja. Lantas masukkanlah  campuran tepung sagu aren, lalu aduk dengan cepat sampai tercampur secara merata, didihkanlah dan angkatlah.
  4. Tuang ke dalam loyang dan ratakan. Kemudian percikilah dengan pewarna makanan, ratakan warna memakai kuas sampai semua tertutupi. Biarkanlah hingga dingin dan agak ngeras.
  5. Untuk penyajiannya, ambilah gelas dan sendoki tipis-tipis es selendang mayang. Siram menggunakan  santan dan air gula. Paling akhir, berilah es batu dan sudah siap disajikan dalam kondisi dingin.


Oke, langsung aja kita praktekkan resepnya. Manis dan segarnya begitu terasa sekali. Pas dan cocok sekali untuk kita hidangkan di rumah. Lebih enak lagi klo mau berbagi kepada teman atau tetangga, mereka semua pastinya juga suka deh.



Demikianlah Artikel Resep Es Selendang Mayang Khas Betawi Asli

Sekianlah artikel Resep Es Selendang Mayang Khas Betawi Asli kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Resep Es Selendang Mayang Khas Betawi Asli dengan alamat link https://resep-masakan15.blogspot.com/2015/04/resep-es-selendang-mayang-khas-betawi.html

About Awesome

Techism is an online Publication that complies Bizarre, Odd, Strange, Out of box facts about the stuff going around in the world which you may find hard to believe and understand. The Main Purpose of this site is to bring reality with a taste of entertainment

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2016 Resep Masakan Terbaik™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. |