Minggu, 10 April 2016

Resep Membuat Kopi Mengkudu Nikmat Berkhasiat

Posted By: Awesome - 15.32

Share

& Comment

Resep Membuat Kopi Mengkudu Nikmat Berkhasiat - Hallo sahabat Resep Masakan Terbaik, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Resep Membuat Kopi Mengkudu Nikmat Berkhasiat, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel resep aneka minuman yang hangat, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Resep Membuat Kopi Mengkudu Nikmat Berkhasiat
link : Resep Membuat Kopi Mengkudu Nikmat Berkhasiat

Baca juga


Resep Membuat Kopi Mengkudu Nikmat Berkhasiat

Membuat Kopi Mengkudu Nikmat Berkhasiat

Resep Membuat Kopi Mengkudu Nikmat Berkhasiat Sekali. Kopi menjadi makanan nikmat sepanjang masa. Disukai oleh berbagai usia. Mengenai kopi mengkudu, mungkin menjadikan Anda penasaran tentangnya. Khas rasanya sehingga ingin lagi menikmatinya ketika sudah pernah mencobanya. Umumnya kopi itu dibikin dari biji kopi robusta dan kopi arabica. Akan tetapi, asalnya dari buah herbal yang terkenal yakni mengkudu. Sehingga bisa dikatakan inilah kopi yang tak mengandung kafein sama sekali. Memilih mengkudu sebagai bahan kopi memang memiliki alasan penting. Mengkudu termasuk buah berkhasiat untuk obat dari beberapa penyakit. Seperti untuk mengatasi perut kembung yang banyak di derita anak-anak, tekanan darah tinggi, dan serangan stroke. Mengenai buah mengkudu ini, ciri-cirinya yaitu mempunyai permukaan seperti terbagi dalam sel-sel poligonal (segi banyak) yang berbintik-bintik dan berkutil. Mula-mula buah mengkudu berwarna hijau, menjelang masak menjadi putih kekuningan. Setelah matang, warnanya putih transparan dan lunak. Daging buah mengkudu tersusun dari buah-buah batu berbentuk piramida, berwarna cokelat merah. Setelah lunak, daging buah mengkudu banyak mengandung air yang aromanya seperti keju busuk. Mengenai bau busuk pada buah mengkudu tersebut timbul karena pencampuran antara asam kaprik dan asam kaproat (senyawa lipid atau lemak yang gugusan molekulnya mudah menguap, menjadi bersifat seperti minyak atsiri) yang berbau tengik dan asam kaprilat yang rasanya tidak enak. Diduga kedua senyawa ini bersifat aktif sebagai antibiotik. Oh iya, kopi mengkudu ini khas dari daerah Madura, Jawa Timur. Masyarakat yang berada di sana khususnya di daerah Sampang akan familier sekali. Namun, tak perlu pergi jauh ke sana hanya untuk mencari kopi ini. Kita bisa kok membuat sendiri ketika telah mengetahui caranya. Tentu langkah awalnya ialah dengan menyediakan bahan utamanya yaitu buah mengkudu. Yukk, kita langsung ke uraian bahan dan juga lengkap dari uraian resepnya. Selamat membaca.

Bahan yang dibutuhkan :

  • 1 Buah Mengkudu Matang atau yang telah Masak alias sudah Tua
  • 2 lembar Daun Mengkudu


Cara mudah membuat kopi mengkudu :

  1. Langkah yang pertama, buah mengkudu dicuci bersih lalu dipotong kecil-kecil kemudian di jemur sampai kering sampai berwarna hitam seperti warna Kopi pada umumnya. Terus diangkat.
  2. Kemudian mengkudu yang kering tadi siap disangrai di atas wajan penggorengan, gunakan api kecil dan diaduk-aduk sampai merata selama kira-kira 1/4 jam saja, lalu di tumbuk atau digiling.
  3. Siap dinikmati kopinya. Lantas dalam menyeduh kopi mengkudu : Kopi mengkudu yang sudah jadi, siap diseduh, disajikan dan dinikmati dengan gula pasir dan air panas.


Nah, mantap kan? Kini siap kita minum kopinya secara bersama-sama. Ada beberapa tips untuk kita ketahui, pertama ketika menyangrai daun mengkudu dirajang kecil-kecil di campurkan supaya menambah aroma harum. Sesudah buah mengkudu menjadi hitam barulah mengkudu dihaluskan. Langsung aja dipraktekkan resep ini di rumah.




Demikianlah Artikel Resep Membuat Kopi Mengkudu Nikmat Berkhasiat

Sekianlah artikel Resep Membuat Kopi Mengkudu Nikmat Berkhasiat kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Resep Membuat Kopi Mengkudu Nikmat Berkhasiat dengan alamat link https://resep-masakan15.blogspot.com/2016/04/resep-membuat-kopi-mengkudu-nikmat.html

About Awesome

Techism is an online Publication that complies Bizarre, Odd, Strange, Out of box facts about the stuff going around in the world which you may find hard to believe and understand. The Main Purpose of this site is to bring reality with a taste of entertainment

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2016 Resep Masakan Terbaik™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. |