Selasa, 12 April 2016

Resep Tempe Bacem Spesial

Posted By: Awesome - 04.30

Share

& Comment

Resep Tempe Bacem Spesial - Hallo sahabat Resep Masakan Terbaik, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Resep Tempe Bacem Spesial, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel resep aneka jajanan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Resep Tempe Bacem Spesial
link : Resep Tempe Bacem Spesial

Baca juga


Resep Tempe Bacem Spesial

Resep Tempe Bacem


Resep Tempe Bacem Spesial Lezat. Tatkala mendengar kata tempe maka langsung teringat dengan makanan keseharian orang Indonesia umumnya. Kebetulan juga termasuk salah satu makanan kesukaan saya, baik digoreng, dibacem, ataupun  dimasak dioseng manis pedas. Memang bervariasi untuk masakan yang berbahan tempe tersebut. Sebelum kita membahas resep masakan tempe bacem, ini saya bagi manfaat dari tempe itu sendiri:
1. Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Tempe mengandung magnesium, dimana zat ini memainkan peranan penting terhadap sistem kardiovaskular dan bertanggung jawab terhadap lebih dari 300 proses metabolisme di dalam tubuh kita.
2. Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat
Tempe mengandung protein yang sangat tinggi. Berbeda dengan protein dari hewan, protein di dalam tempe memiliki manfaat tambahan dalam menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Sehingga bahan makanan ini membantu menurunkan risiko terjadinya serangan jantung dan stroke. Juga dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan trigliserida pada penderita diabetes.
3. Membantu Mencegah Penyakit Kanker
tapi juga ampuh dalam mengikat racun dan kolesterol penyebab kanker dan membuangnya dari dalam tubuh. Racun yang telah terikat tidak dapat merusak sel-sel dalam tubuh.
4. Membantu Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan
Tempe juga mengandung serat makanan yang baik bagi tubuh kita. Serat berperan dalam mengikat lemak dan kolesterol, sehingga tempe memiliki potensi untuk membantu menurunkan dan mengontrol berat badan. Sistem pencernaan akan lebih terjaga. Tempe merupakan hasil olahan kedelai melalui proses fermentasi. Selama proses fermentasi berlangsung, kedelai akan mengalami perubahan nilai gizi dan tekstur. Enzim pencernaan pun akan dihasilkan oleh Rhizopus oligosporus (kapang tempe) selama proses fermentasi berlangsung, itulah yang membuat tempe lebih nyaman di lambung kita.
5. Tempe Kedelai juga menjadi Sumber Energi
Tempe juga mengandung riboflavin. Zat riboflavin ini memiliki peranan penting dalam metabolisme energi dan juga dibutuhkan dalam metabolisme karbohidrat, protein, lemak dan zat keton. Berbagai zat yang terkandung di dalamnya lebih mudah dicerna dan diserap tubuh. Baik dikonsumsi oleh anak-anak untuk memaksimalkan pertumbuhannya atau menjaga fungsi organ penting tubuh bagi orang dewasa.

Cara yang lumayan enak ialah dimasak dengan dibacem menurut saya. Memang terkadang ditemui tidak semua tempe bacem mesti enak rasanya. Klo rasanya yang manis dan gurih sesuai selera saya dan itu biasanya bumbunya harus banyak. Harus pula meresap ke tempe secara merata. Selera Anda pun lain pula mungkin atau bahkan sama juga dengan saya. Inilah pentingnya untuk mengetahu bagaimana resep memasaknya. Tempe pun harus dipotong secara rapi dan teratur sehingga dilihat menarik gitu. Untuk mendapatkan bahan berupa tempe tak perlu mengeluarkan uang yang banyak. Sebab begitu murah banget. Meskipun murah, tapi klo tahu resepnya memasak tempe bacem, bisa jadi lebih enak dari makanan yang saat ini kita anggap terenak sekali pun. Dah, sebaiknya kita langsung aja melihat uraian resepnya di bawah ini, ya :

Bahan yang diperlukan :
  • 10 buah tahu putih ukuran kecil
  • 3 lbr daun salam
  • 500 gr tempe, potong sesuai ukuran tahu
  • 700 ml air kelapa
  • 200 gr gula merah, iris halus
  • 1 sdt asam


Bumbu yang dihaluskan :
  • 1 sdm garam
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar sangrai
  • 5 buah bawang merah
  • 2 cm lengkuas


Cara membuat tempe bacem spesial :
  1. Langkah yang pertama, taruhlah ke dalam wajan bumbu halus, tahu, tempe, air kelapa, gula merah, serta daun salam asam.Terus jerangkan di atas kompor, masaklah sampai mendidih bila sudah lalu kecilkan api.
  2. Selanjutnya masaklah sembari sekali-sekali diaduk agar bumbu tercampur rata dan air habis, angkatlah terus kita sisihkan.
  3. Kemudian gorenglah tahu dan tempe di dalam minyak panas, namun sebentar saja, ya. Lantas kita angkat dan tiriskan.
  4. Siap untuk kita nikmati sekarang.

Mudah dan tidaklah sulit kan? Saya yakin siapa aja bisa dengan mudah untuk membikinnya sendiri. Untuk menikmatinya, enaknya ya disantap saat masih hangat. Baiknya juga sediakan beberapa cabai rawit hijau. Selamat mencoba resep tempe bacem ini, ya ..... Kita juga bisa memasak resep kering tempe dan resep tempe penyet.





Demikianlah Artikel Resep Tempe Bacem Spesial

Sekianlah artikel Resep Tempe Bacem Spesial kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Resep Tempe Bacem Spesial dengan alamat link https://resep-masakan15.blogspot.com/2016/04/resep-tempe-bacem-spesial.html

About Awesome

Techism is an online Publication that complies Bizarre, Odd, Strange, Out of box facts about the stuff going around in the world which you may find hard to believe and understand. The Main Purpose of this site is to bring reality with a taste of entertainment

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2016 Resep Masakan Terbaik™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. |